POCONG RIRIN

pocong ririn

POCONG RIRIN

Kisah ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh Arangga aria yang pernah bercerita disalah satu social media twitter dengan nama twitter @arangga_aria dengan menggunakan tagar atau hastag #memetwit. Dan berikut adalah kisahnya..

#memetwit

 

kalian pasti pernah melihat “penampakan” entah secara langsung atau di video. “penampakan” itu biasanya ya emang mahluk halus.

lalu, apa kalian pernah lihat manusia yg masih hidup berubah jadi pocong ??

 

ini pernah benar-benar terjadi, saya saksi hidupnya.

 

ada baiknya kalian tidak terlalu serius saat membaca ini, jika merasa bahwa pengalamanku ini sangat menakutkan. anggap saja ini berita bohong dan ga pernah benar-benar terjadi.

 

anggap ini hanya sebuah cerita dongeng pengantar tidur.

 

disini pa aria masih muda dan imut2 gitu.

 

seperti kata gua di awal tadi, gua mau ceritain pengalaman gua waktu gua jadi tour guide pendakian ke gunung salak. dimana salah satu orang yg gua “kawal” itu jadi pocong.

 

gua ga pake gambar2 gitu, emang ga ada dokumentasinya dan bisa kalian bayangkan sendiri bentuknya.

 

February 2008, waktu itu gua masih kelas 2 SMA. sebetulnya waktu itu sekolah gua lagi siap-siap mau study tour ke jogja.

 

sayangnya, gua ga ikut, soalnya gua ga punya biaya. waktu itu biaya ke jogja sekitar 400 atau 500rb.

 

#PaAria dulu misqin, sekarang juga sih

 

betul, gua orang yg ga mampu. sebelum berangkat ke jogja. pernah kumpul di masing2 kelas. gua jadi bahan bullyan anak2, karna di kelas gua, cuma gua satu2nya orang yg ga ikut ke jogja.

 

wali kelas gua pun ngeledek gua “harusnya kamu nabung dari dulu, yg lain ikut ke jogja kamu doang engga, orang tua mu berarti ga sayang kamu” seisi ruangan ngetawain gua.

hati gua sebetulnya ancur diledek kaya gitu, gua marah, gua kesel, gua pengen berenti sekolah aja.

 

tapi gua coba kuat, gua ciba bertahan. gua maksain senyum padahal gua pengen banget nangis. kesel gua, mereka ga tau keadaan gua kaya gimana, waktu itu gua tetep berangkat sekolah walau ga dikasih uang jajan. anak2 juga sering ngeledek gua karna gua ga pernah ikut ke kantin.

 

keadaan ortu waktu itu sulit banget, ampe kita sekeluarga jarang makan, dari situlah gua mulai puasa daud.

awalnya emang bukan karna mau ibadah, tapi daripada kelaparan ya mending gua puasa.

lama-lama gua jadi kebiasaan puasa.

 

disaat anak-anak yg lain kalo pulang sekolah pada main, gua udah mulai kerja.

kerja ini itu, uangnya buat nyokap sama ade perempuan gua. kalo ada sisa, gua suka kumpulin buat bayar spp atau bayar buku LKS.

 

dikit-gikit gua juga nabung di kaleng bekas susu.

 

waktu SMA, gua ga pernah bawa tas, semua buku gua taro di bawah meja. gua juga cuma punya sepatu satu, udah rusak juga, sering gua ke sekolah pake sendal. kaki gua perban, biar ada alasan ga pake sepatu. padahal kaki gua ga kenapa2, yg betul itu sepatu gua belum kering dan rusak.

 

waktu SMA, gua cari uang dari jualan kantong plastik, koran, ojeg payung, jual kembang, kuli panggul ampe ngumpulin gelas aqua.

 

semua gua lakuin yg penting dapet uang.

nah, di hari keberangkatan study tour ke jogja. sekolah kan libur, gua kerja di pasar.

 

gua jadi kuli panggul, pas gua lagi sibuk panggul terigu, ternyata ada kaka kelas gua yg lihat. dia cewe, dia nyamperin gua lalu nanya “aria lagi ngapain ? aria ga ikut ke jogja ? nanti malem aria ke rumah kaka, ini alamatnya, ini no hp kaka, ini ongkosnya. aria ke rumah ya”

 

selesai kuli di pasar gua belanja sayuran sama beras buat di rumah. gua pulang cuma buat ganti baju doang, gua langsung ke rumah kaka kelas gua itu.

dia bilang “kalo aria butuh apa-apa bilang ke kaka ya” nah disitu gua ketemu sama abangnya, di kenalin, terus ngobrol deh kita.

 

abangnya bilang “aria tetep semangat, sekolah yg bener, nanti keluarga kita pasti bantu. oia, aria mau ikut ke gunung salak ga ?? abang ada kerjaan, aria temenin abang”

 

intinya gua dapet kerjaan jadi tour guide ke gunung salak, bayarannya 500rb untuk 4 hari 3 malam.

 

subuh gua pulang bawa perlengkapan, paginya langsung ke rumah si abang lagi.

 

kita ketemuan sama anak-anak yg mau ke gunung itu di Lido.

 

total ada 9 orang.

gua berdua sama si abang, yg punya “acara” ada 7 orang.

4 cowo 3 cewe (Orang Jakarta)

 

waktu itu badan gua kecil, gua jadi tukang bawain logistik, meskipun berat, gua paksain. demi uang.

sesekali cewe-cewe yg ikut rombongan tanya “aria berat ga ??”

 

gua senyum sambil bilang “udah biasa kak” padahal berat banget itu.

 

singkat cerita, kita nyampe gunung jam 5 sore. langsung bikin tenda soalnya udah gelap.

 

selesai bikin tenda gua nyari kayu bakar buat api unggun nanti malam.

 

di malam pertama, kita semua (9 orang) kumpul ngelilingi api unggun.

semua seneng2, maen gitar, bakar jagung juga minum bandrek.

 

oia, di rombongan itu gua yg paling muda. gua 17 tahun waktu itu. sementara yg lain umurnya dari 23 sampai 25. Abangnya kaka kelas gua yg paling tua.

 

di malam itu kita bikin “game” peraturannya, semua harus jawab jujur dengan pertanyaan yg diberikan. kalo ga mau jawab hukumannya, muka dicoret pake spidol.

 

game dimulai, botol di putar. pertama botol ngarah ke cowo 1, dia nanya ke cewe yg namanya mita. si cowo nanya “apa disini ada cowo yg kamu suka ?? kalo ada, sebutin namanya” mita jawab “ada” tapi dia ga bilang namanya siapa, cuma ngasih petunjuk.

cuma mereka yg tau.

 

laras nanya ke cewe yg satunya lagi, namanya ririn. laras tanya “rin, apa yg paling ririn takutin ??”

semua bilang “huuuu serem”

 

sambil senyum ririn jawab “ririn takut kalo nanti ririn mati, ririn jadi hantu penasaran, gentayangan terus nakut-nakutin kalian”

 

semua ketawa

 

udah ririn bilang gitu, tiba-tiba angin kenceng, turun kabut pula. game selesai. semua bubar, pada masue ke tendanya masing-masing.

 

suasana makin mencekam, gimana ga horor ?? suara binatang dan suara-suara lainnya mulai jelas terdengar.

 

singkatnya, itu malam jadi malam yg bikin tidur jadi ga tenang.

 

di malam keduanya, keanehan mulai jelas terasa, waktu itu ririn nyariin mantelnya, dia tanya “ada yg lihat mantel ririn ga ?? dicari ko ga ada ya ??”

 

semua cewe masuk ke tenda nyari mantelnya ririn.

 

tapi mantel ga ketemu-ketemu juga, terus ririn bilang “aduh… itu mantel kesayangannya bapa, ririn belum minta ijin sama bapa, kalo ilang gimana ??”

 

semuanya ikut nyari, semua tas di periksa, semua sudut tenda di periksa. tapi tetep aja ga ketemu.

 

karna udah malem juga, semuanya sepakat besok pagi mau nyari lagi.

 

semua pada istirahat, disana kita bikin 3 tenda.

tenda pertama, sebelah kiri itu gua sama si abang. tenda cewe di tengah dan tenda cowo paling kanan.

disaat yg lain masuk tenda, gua gatau mereka udah tidur apa belum, gua sama si abang ngobrol. lagi asik ngobrol, si abang ngeliat sesuatu, terus nanya ke gua “aria, abang ga salah lihat kan ya, itu apaan ya ??”

 

gua juga lihat, kaget gua. ternyata ada yg ngelayang, yg ngelayang itu warna putih, pertama gua nyangka itu pocong atau kuntilanak ternyata yg ngelayang itu mantel, mantelnya warna putih.

 

gua nanya ke si abang “bang, itu mantel, mantelnya ririn kali ya ?? ambil yu bang”

 

si abang bilang “jangan diambil, kayanya mantel itu dipake sama jin, jangan disamperin, takut ada apa-apa, biar besok aja”

 

gua ?? yaudah nurut aja, orang gua juga takut mau ngambil tu mantel.

 

itu mantel ngelayang nya lumayan lama, gua ama sia abang ngeliatin aja terus, tapi ga berani ngambil.

 

mantel sempet muterin tenda cewe, lalu ilang gitu aja ga tau kemana tu mantel perginya.

si abang gemeteran, ngomong aja gajelas, apalagi gua takutnya kaya gimana tau

 

si abang bilang “aria baca doa, abang tidur duluan ya, aria jaga ampe jam 2. nanti kalo ada apa-apa bangunin abang” ((gua sama si abang gantian ronda, gua jaga pertama))

 

si abang udah ngorok aja, gua yg masih ketakutan karna ngeliat mantel ngelayang, gua giliran jaga.

 

tapi gua ga sendirian, gua ditemenin sama roko dan bandrek.

((SMA gua udah ngerokok πŸ˜”))

 

ga lama, dua cewe keluar.

ririn sama laras, mereka pengen kencing katanya, minta anter.

 

di gunung kan ga ada wc umum kaya terminal. mau ga mau kita harus turun, ke sungai.

 

sebelum ke sungai, gua bangunin si abang. eh dia molornya kaya kebo, susah dibangunin.

 

mau ga mau, gua lah yg nemenin mereka berdua ke sungai. jaraknya lumayan jauh. gua jalan paling depan.

 

di perjalan tiba-tiba ada orang yg manggil “rin tunggu” kita bertiga berenti.

ngeliat ke belakang ga ada siapa-siapa.

 

laras nanya “siapa yg manggil ya rin ?? si mita kan lagi tidur ??” ririn bilang “gatau, ayo ah cepetan, gua udah ga tahan”

 

pas nyampe di sungai, mereka kan buang air, gua jaga. jaraknya ada mungkin 5 atau 10 meter.

 

tau-tau ririn bilang “eh itu apa putih ??” nah loh gua kaget

 

ternyata yg putih itu mantelnya ririn, mantelnya ada di sebuah batu yg lumayan gede di tengah-tengah sungai. yg ngambil mantelnya ?? ya gua πŸ˜”

 

ririn bilang “ini mantel siapa yg naro disini sih ?? becandanya keterlaluan ah”

 

gua ga banyak omong, padahal sebelumnya gua sama si abang ngelihat jelas kalo tu mantel ngelayang sendiri.

 

udah dari sungai kita kan balik ke tenda, di deket api unggun ada mita, ririn nanya “ta, lu tadi pas gua mau ke sungai, lu manggil gua ya ??” mita jawab “orang gua baru bangun, kaget lu berdua kaga ada, ini gua lagi bikin bandrek”

 

padahal itu suara jelas banget, kembali gua silent mulut sexy gua ini.

 

ga banyak omong, mereka masuk ke tenda.

 

gue ?? ga bisa molor, gua masih kepikiran mantel yg ngelayang, suara yg manggil ririn sama gimana bisa itu mantel ada di sungai.

 

singkat cerita, di malam ketiga lah yg bikin gua ga pernah lupa sama kejadian di gunung salak dan ga pernah mau lagi nginjek gunung salak.

 

cukup, itu yg pertama dan terakhir.

 

semuanya lagi kumpul di luar, ngelilingi api unggun. kita berbagi cerita sambil menikmati kopi, wedang jahe dan singkong bakar, ga kerasa udah jam 2. nah ririn bilang “dingin banget ya, tunggu aku mau pake mantel dulu”

 

dia masuk ke tenda, awalnya ga ada yg aneh.

 

semua terkejut pas ririn tiba-tiba ngejerit. kita semua kesitu kan, ke tenda cewe, di dalam tenda ririn kaya yg kesurupan. di pegangin sama banyak orang, tapi semuanya pada ga kuat nahan. tenda ampe rusak.

 

ririn teriak “lepasin lepasin !!” dia nyoba ngelepasin mantelnya, tapi ga bisa lepas-lepas juga.

 

kita semua bingung, kita semua pada panik, gua apalagi.

 

ririn loncat-loncat kaya pocong, kita kejar eh dia loncatnya jauh. dia nangis sambil bilang “tolongin, bukain mantelnya”

 

terus dia loncat ke salah satu pohon, pohonnya lumayan tinggi, dia duduk di pohon. nangis sambil bilang “tolong, lepasin, tolongin ririn” si abang coba manjat pohon dibantu sama cowo-cowo yg lain, belum juga naik, ririn dikit-dikit berubah jadi pocong 😭

 

ampe sekarang gua masih suka kebayang-bayang, kejadiannya cepet banget.

 

gua takut, gua juga bingung gimana mungkin orang tiba-tiba jadi pocong.

 

semuanya panik, semuanya pada berdoa, tapi masalah ga berenti gitu aja.

 

mana ririn yg udah jadi pocong nangis terus “tolongin ririn, tolongin ririn” kita bingung nolonginnya gimana.

 

cewe nya kan tinggal dua,Β  mita pingsan, laras terus-terusan nangis sambil manggil ririn yg udah jadi pocong “rin, nyebut rin, istigfar, ririn turun” pokonya suasana kacau balau.

 

yg cowo juga pada bingung, mita pingsan, laras nangis, ririn udah jadi pocong beneran.

 

lagi panik, eh api unggun mati, senter semua ga ada yg bisa nyala, gelap total.

 

ririn yg udah jadi pocong nangis terus minta tolong. lama-kelamaan pocong itu ilang, tau tau ada lagi, ilang lagi, ada lagi, pindah pindah tempat. ga berenti2 nangis. semua makin panik, takut πŸ˜”

 

waktu itu gua juga nangis, ga lama mita sadar terus bilang “pengen pulang, kenapa ririn jadi gitu ??” kita bingung, disitu kita mutusin buat turun gunung, mau nyari bantuan. ngeberesin semua perlengkapan ((gelap total) jam 3 atau jam 4 pagi kita turun gunung.

 

perjalanan turun gunung pun bikin gua takut, gua juga terus-terusan nangis. gimana ga nangis ?? pocongnya ngikutin terus, tapi dia ngelayang dari pohon ke pohon lain sambil nangis dia bilang “jangan ninggalin ririn, ririn ikut pulang, tolongin”

 

mita sama laras nangis terus-terusan sambil jalan mereka ngomong “kasian ririn, tolongin ririn apa, jangan ditinggal kasian”

 

ya kita mau nolong gimana ?? dia nya jadi pocong, di kejarnya susah, gatau caranya.

 

singkat cerita, kita udah di perkampungan. salah satu HP bunyi, HP nya ririn ((baru ada sinyal)) yg telpon ternyata bapa nya ririn, nanyain posisi dimana.

 

disitu gua denger bapanya ngomong “mana ririn ?? kalian ke gunung ya ?? bilangin ke ririn, jangan pake mantel bapa”

 

yg terima telponnya laras, laras bilang “pa, gatau kenapa, ririn tiba-tiba jadi pocong, kita ga tau nolonginnya gimana” bapanya ririn marah “ANJ… kasih tau saya alamatnya, saya kesana sekarang”

 

harusnya hari itu anak-anak yg camping udah pulang ke jakarta, tapi kita semua kumpul di rumah si abang dulu, nungguin bapa nya ririn datang.

 

jam 8 pagi, bapanya ririn nyampe rumah si abang, dia bilang “kalian pulang aja, soal ririn itu urusan saya”

 

setelah anak-anak pulang, bapa nya ririn kan datang sama beberapa orang.

 

gua sama si abang ngejelasin kronologi ririn jadi pocong.

 

disitulah gua baru tau, kalo ternyata bapanya ririn itu “pemuja” dan mantel yg dipake sama ririn itu adalah mantel yg ga boleh dipake ((jimat))

 

intinya, selain bapa ririn, siapapun yg pake mantel itu pasti jadi pocong.

 

terus bapa nya bilang, kalo seminggu ga bisa nemuin ririn, ga bisa lepasin mantelnya, ririn pasti mati πŸ˜”

 

disitu bapa nya ririn sama orang2nya ngedatangin semua orang pinter di daerah gua.

 

ngasih sayembara, siapa yg bisa nangkap pocong dan bisa ngelepasin mantelnya.

 

orang yg sanggup nolongin ririn, dia mau apa aja, minta apa aja pasti dikasih.

 

gua yg baru turun gunung, mau ga mau harus naik lagi, soalnya kejadiannya di gunung.

 

bapanya yakin kalo ririn masih ada dan diem disana.

 

kita bikin tenda lagi.

pertama gua bikin tenda buat camping, ini bikin tenda lagi buat nangkap pocongnya ririn 😭

 

gua yg waktu masih 17 tahun udah ikut terlibat sama hal-hal yg diluar nalar dan menyangkut nyawa seseorang πŸ˜”

 

pas malem, kita semua jalan keliling gunung. bukannya pocong ririn yg kita temuin, eh malah yg lain.

 

kalo gua sendirian yg lihat, ga tau deh kaya apa jadinya.

gua lihat kaya kake-kake, tubuhnya tinggi bener, hampir setinggi pohon yg ada di gunung 😭

 

gua meremin mata, karna gua ga tahan lihat ukurannya, tangannya megang kayu gitu. gua juga denger, kake yg badanya tinggi itu suaranya ngaraung-raung gitu.

 

dia komunikasinya sama orang pinter yg dibawa sama bapanya ririn.

 

gua yg merem di bilangin sama orang pinter “aria jangan merem, dia ((penjaga gunung)) marah soalnya aria merem, kalo aria takut, buka mata aja, tapi ngeliatnya ke bawah”

 

si kake itu marah karna dia bilang kalo gua ga sopan ga mau lihat mukanya.

yg bener aja atuh 😭😭

 

gua buka mata, liatin tanah,gua nangis kaya anak kecil, ga bisa nahan takut 😭😭

 

komunikasi orang pinter sama mahluk penjaga gunug lumayan lama, udah selesai orang pinternya ngerangkul gua sambil bilang “udah jangan nangis lagi, udah ga ada, sy lupa nutup mata batin aria”

 

dari situ, rombongan kan kumpul. gua denger obrolannya orang pinter sama bapanya ririn, ternyata ririn di usir, dilemparin sama penjaga gunung.

 

penjaga gunung ga nerima adanya ririn di gunung, karna ririn jadi pocong bukan dari proses mati.

 

ririn hidup di dua alam 😭

mereka bingung mau nyari ririn kemana, soalnya si kake penjaga gunung cuma bilang ngusir ririn, tapi ga nunjukin kemana dia ngebuangnya.

 

kita turun gunung, sambil berharap ada info dari orang pinter lainnya.

 

ternyata bener aja, pas kita semua turun gunung. ada info dari orang pinter, bahwa beberapa kampung di daerah gua, banyak laporan waktu malem mereka lihat ada pocong keliaran nangis minta tolong.

 

kadang suara tangisannya aja yg kedengeran, tapi pocongnya ga ada.

 

orang-orang kampung bilang, mereka pada takut, meskipun bayarannya gede, ya tetep aja nangkep pocong bukan hal gampang. berani aja ga cukup, harus punya ilmu tertentu.

 

sementara itu waktu mau abis, kalo ga cepet2 ketemu, ririn pasti mati terus ga diterima di bumi 😭

 

gua mau ga mau tiap malem ikut bapanya ririn, nyariin pocong ke kampung-kampung 😭

 

nah, tepat di malam ke tujuh, malam terakhir nasibnya ririn. bapanya ririn dapet info kalo di salah satu kampung ada pocong nangis di atas genteng rumah warga.

 

kita semua langsung kesitu, dikampung itu warga pada ga ada yg berani nyamperin, cuma ngeliat dari jauh.

 

ada beberapa ustad aja yg nunggu di rumah itu, karna yg punya rumah tempat pocongnya ririn diem, pada ketakutan.

 

Jam 11 malem kalo ga salah.

 

nangkap pocong ririn juga susah, orang pinter yg mau nangkapnya kan naik ke genteng, pas mau di tangkap eh pocongnya loncat lalu ilang gitu aja, tapi masih di sekitar rumah itu juga.

 

gua yakin sebenernya ririn itu minta tolong, minta dilepasin, tapi pas ada orang yg mau ngelepasin dia nya ngelayang sendiri. bukan kemauan dia juga ngilang gitu ((kayanya))

 

gua datang ke kampung itu jam 11 malam, pocongnya ririn baru bisa ke tangkep sebelum adzan subuh.

 

susah juga nangkepnya, butuh beberapa orang pinter sama ustadz juga.

 

pas di lepasin kainnya, itu kain berubah jadi mantel lagi.

pocong itu kembali jadi ririn lagi, tapi dia “telanjang” badannya kotor, bau busik juga.

 

dia lemes banget, dia masih aja nangis. mantelnya dibakar terus ririn dibawa ke RS.

 

hal yg paling horor juga, pas mantelnya dibakar.

ririn sempet kepanasan juga, semuanya pada ikut berdoa.

 

waktu mantel dibakar, angin tiba-tiba kenceng, ada suara petir juga.

 

singkatnya, ririn di rawat di RS. hampir 4 hari, gua ikut ngejagain. nyokapnya datang sama laras, ibunya meluk ririn, pada nangis semua.

 

nyokapnya ririn marah ke suaminya “mau ampe kapan sih ilmu ilmu gitu ?? ga kasian liat anaknya jadi gini ?? mau ampe kapan ??”

 

meraka pulang tuh ke jakarta, gua ?? jadi incaran para warga termasuk ibu-ibu bigos squad.

gua dimintain keterangan sama banyak orang “itu siapa sih ? kenapa bisa jadi pocong? orang mana?” dan banyak pertanyaan2 lainnya.

 

gua mau baru jawab, eh udah ada yg nanya lagi.

 

untung 2008, twitter, pesbuk sama IG belum ngetren. coba kalo udah ngetren, insta story pa RW “ada pocong nih di kampung gua” pa Lurah bikin status di FB “penangkapan pocong keliling” pa camat nge twit “hey tuips, pocong ini ternyata namanya ririn”

 

gua bikin vlog “panen pocong”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: